Fase-fase perkembangan
menurut beberapa ahli psikologi :
a.
|
Menurut Aristoteles
|
|
1).
|
0,0-7,0 : masa
anak kecil
|
|
2).
|
7,0-14,0 : masa
anak
|
|
3).
|
14,0-21,0 : masa
remaja
|
|
b.
|
Menurut Mantessori
|
|
1).
|
0,0-7,0 : periode penemuan dan pengaturan
dunia luar.
|
|
2).
|
7,0-12,0 : periode
rencana abstrak
|
|
3).
|
12,0-18,0 : periode
penemuan diri dan kepekaan sosial
|
|
4).
|
18,0- : periode
pendidikan tinggi
|
|
c.
|
Menurut Comenius
|
|
1).
|
0,0-6,0 : scola
matema
|
|
2).
|
6,0-12,0 :
scolavernatulata
|
|
3).
|
12,0-18,0 : scola
latina
|
|
4).
|
18,0-24,0 : acodemia
|
|
d.
|
Menurut J.J Rousseau
|
|
1)
|
0,0-2,0 : masa asuhan
|
|
2).
|
2,0-12,0 : masa
pendidikan jasmani dan latihan panca indera
|
|
3).
|
12,0-15,0 : masa
pendidikan akal.
|
|
4).
|
15,0-20,0 : masa
pembentukan watak dan pendidikan agama
|
|
e.
|
Menurut Oswald Kroch
|
|
1).
|
masa anak-anak
|
|
2).
|
masa bersekolah
|
|
3).
|
masa kematanga.
|
|
f.
|
Menurut Elizabeth B.
Hurlock
|
|
1).
|
periode pre natal
|
|
2).
|
masa oral
|
|
3).
|
masa bayi
|
|
4).
|
masa anak-anak
|
|
5).
|
masa pubertas
|
No comments:
Post a Comment