Fase-fase perkembangan
menurut beberapa ahli psikologi :
| 
a. | 
Menurut Aristoteles | |
| 
1). | 
0,0-7,0 : masa
  anak kecil | |
| 
2). | 
7,0-14,0 : masa
  anak | |
| 
3). | 
14,0-21,0 : masa
  remaja | |
| 
b. | 
Menurut Mantessori | |
| 
1). | 
0,0-7,0 : periode penemuan dan pengaturan
  dunia luar. | |
| 
2). | 
7,0-12,0 : periode
  rencana abstrak | |
| 
3). | 
12,0-18,0 : periode
  penemuan diri dan kepekaan sosial | |
| 
4). | 
18,0- : periode
  pendidikan tinggi | |
| 
c. | 
Menurut Comenius | |
| 
1). | 
0,0-6,0 : scola
  matema | |
| 
2). | 
6,0-12,0 :
  scolavernatulata | |
| 
3). | 
12,0-18,0 : scola
  latina | |
| 
4). | 
18,0-24,0 : acodemia | |
| 
d. | 
Menurut J.J Rousseau | |
| 
1) | 
0,0-2,0 : masa asuhan | |
| 
2). | 
2,0-12,0 : masa
  pendidikan jasmani dan latihan panca indera | |
| 
3). | 
12,0-15,0 : masa
  pendidikan akal. | |
| 
4). | 
15,0-20,0 : masa
  pembentukan watak dan pendidikan agama | |
| 
e. | 
Menurut Oswald Kroch | |
| 
1). | 
masa anak-anak | |
| 
2). | 
masa bersekolah | |
| 
3). | 
masa kematanga. | |
| 
f. | 
Menurut Elizabeth B.
  Hurlock | |
| 
1). | 
periode pre natal | |
| 
2). | 
masa oral | |
| 
3). | 
masa bayi | |
| 
4). | 
masa anak-anak | |
| 
5). | 
masa pubertas | |
No comments:
Post a Comment